Minggu, 22 November 2009

Miliband: Pemerintah Afghanistan Akan Runtuh Dengan Cepat Jika NATO Ditarik

Menteri Luar Negeri Inggris, David Miliband mengatakan bahwa pemerintah Afghanistan

sekarang akan runtuh dalam beberapa minggu jika pasukan asing di bawah NATO yang ada di negara ini ditarik sekarang.

Miliband mengatakan dalam sebuah keterangan yang dipublikasikan pada hari Sabtu (21/11) oleh surat kabar Inggris The Guardian, bahwa para pejuang Taliban akan dengan cepat mengalahkan pasukan Afghanistan jika negara-negara Barat memutuskan untuk menarik pasukannya dari Afghanistan.

Menteri Luar Negeri Inggris itu berkata: “Jika pasukan internasional ditarik, maka Anda tinggal memilih waktu—lima menit, 24 jam, atau satu minggu. Sebaliknya para pejuang yang memang telah dipersiapkan untuk melakukan perlawanan akan dengan mudah mengalahkan pasukan Afghanistan, sehingga dengan demikian keadaannya akan kembali ke titik nol.”

Sementara Presiden Afganistan, Hamid Karzai mengatakan bahwa pasukan Afghanistan diramalkan dapat mengambil alih negara dalam lima tahun ke depan. Sedangkan Miliband, mengatakan bahwa pasukan internasional siap untuk tinggal di Afghanistan selama masih dibutuhan.

Seorang pejabat Inggris mengatakan: “Sesungguhnya jadwal buatan sementara hanya menguntungkan bagi musuh-musuh kita saja.”

Perdana Menteri Inggris, Gordon Brown mengatakan di depan House of Commons (DPR) di London pekan lalu, bahwa Inggris berkomitmen untuk mencapai tujuannya di Afghanistan, meski tingginya jumlah korban di antara pasukannya, dan meski semakin derasnya opini umum dari masyarakat yang menuntut penarikannya. (mediaumat.com, 22/11/2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar